V. Rossi


Valentino Rossi
Kebangsaan Italia Tanggal lahir 16 Februari 1979 (1979/02/16) (umur 31) Tempat kelahiran Urbino, Italia Bike nomor 46 Kejuaraan 9 125cc - 1997 250cc - 1999 500cc - 2001 MotoGP - 2002, 2003, 2004, 2005, 2008, 2009 Race ; 241 Wins 105 Podium selesai 174 lap tercepat 85Poin 4259 Valentino Rossi, (lahir 16 Februari 1979 di Urbino),  adalah pembalap motor Italia profesional dan multiple MotoGP World Champion. Dia adalah salah satu pembalap motor paling sukses sepanjang masa, dengan sembilan Grand Prix Kejuaraan Dunia untuk nama-Nya - rekor tujuh yang berada di kelas utama.
  
Setelah ayahnya, Graziano Rossi, Rossi memulai balapan di Grand Prix pada tahun 1996 untuk Aprilia di kategori 125cc dan memenangkan Kejuaraan Dunia pertama tahun berikutnya. Dari sana, ia pindah ke kategori 250cc dengan Aprilia dan memenangkan Kejuaraan Dunia 250cc pada tahun 1999. Ia memenangkan Kejuaraan Dunia 500cc dengan Honda di tahun 2001, Kejuaraan Dunia MotoGP (juga dengan Honda) pada tahun 2002 dan 2003, dan tahun 2004 dan 2005 setelah meninggalkan Honda untuk bergabung dengan Yamaha, dan mendapatkan kembali juara pada tahun 2008 dan  tahun 2009. Ia akan meninggalkan Yamaha untuk bergabung dengan Ducati untuk musim 2011.   Rossi 
ada di urutan pertama di  500cc/ MotoGP dengan 79 kemenangan, dan kedua di sepanjang masa secara keseluruhan dengan 105 memenangkan perlombaan (belakang Giacomo Agostini dengan 122).
Valentino Rossi lahir di Urbino, dan ia masih anak-anak ketika keluarganya pindah ke Tavullia. Anak Graziano Rossi, mantan pembalap sepeda motor, ia pertama kali mulai naik pada usia yang sangat muda [5th],
Rossi cinta balap pertama adalah. Go-karts. Dipicu oleh ibunya, Stefania's, keprihatinan untuk keselamatan anaknya, Graziano membeli go-kart sebagai pengganti sepeda. Namun, keluarga Rossi dari sifat terus-menerus ingin pergi lebih cepat diminta desain ulang;. Graziano mengganti motor 60cc dengan motor kart 100cc nasional untuk anaknya dari 5 tahun Rossi memenangkan kejuaraan kart regional pada tahun 1990. Setelah itu dia mengambil minimoto dan sebelum akhir tahun 1991 telah memenangkan banyak balapan regional. Rossi terus karts ras dan selesai kelima di kejuaraan kart nasional di Parma. Baik Valentino dan Graziano mulai melihat pindah ke seri 100cc Italia, serta seri Eropa yang sesuai, yang kemungkinan besar akan mendorong dia ke arah Formula Satu. Namun, tingginya biaya balap karts menyebabkan keputusan untuk minimoto ras eksklusif . Melalui 1992 dan 1993, Valentino terus mempelajari seluk beluk balap minimoto.
Pada tahun 1993, dengan bantuan dari ayahnya, Virginio Ferrari, Claudio Castiglioni dan Claudio Lusuardi (yang menjalankan Cagiva Sport resmi tim Produksi), ia mengendarai sepeda motor Cagiva Mito 125cc, yang rusak akibat kecelakaan pertama-sudut tidak lebih dari seratus meter dari jalur pit.  Ia selesai kesembilan seri balapan itu. Meskipun musim pertamanya di Produksi Sport Italia Kejuaraan bervariasi, ia mencapai posisi terdepan dalam lomba akhir musim di Misano, di mana ia akhirnya akan finis di podium. Pada tahun kedua, Rossi telah disediakan dengan pabrik Mito oleh Lusuardi dan memenangkan gelar Italia.     Pada tahun 1994, Aprilia dengan cara Sandroni, digunakan Rossi untuk meningkatkan RS125R dan pada gilirannya memungkinkan dia untuk belajar bagaimana menangani kecepatan baru cepat dari 125cc balap. Pada awalnya ia menemukan dirinya di Sandroni di kejuaraan 1994 Italia dan terus naik melalui tahun 1995 kejuaraan Eropa dan Italia.
Rossi  sukses di musim 1996 Kejuaraan Dunia, gagal untuk menyelesaikan lima musim balapan dan menabrak beberapa kali. Meskipun demikian, pada bulan Agustus ia memenangkan Kejuaraan Dunia pertama Grand Prix di Brno di Republik Ceko pada AGV Aprilia RS125R. Ia menyelesaikan musim di posisi kesembilan dan terus mendominasi Kejuaraan Dunia 125cc di musim 1997 berikutnya, memenangkan 11 dari 15 ras.
Pada tahun 1998, Aprilia RS250 itu mencapai puncak dan memiliki tim pengendara  Valentino Rossi, Loris Capirossi dan Tetsuya Harada. Dia ada di tempat kedua, hanya tiga poin di belakang Capirossi. Pada tahun 1999, bagaimanapun, ia memenangkan gelar, pengumpulan 5 posisi tiang dan 9 menang.
 Penghargaan
Rossi  pada tahun 2000 untuk 250cc nya Kejuaraan Dunia,  diberi naik dengan Honda dalam apa yang kemudian kelas paling dalam Kejuaraan Dunia balap sepeda motor, 500cc. Jeremy Burgess telah menunjukkan dia NSR500 dan yakin bahwa pasangan itu dengan Rossi akan membawa apa-apa dan sukses. Pensiunan 500cc Juara Dunia Michael Doohan, yang juga memiliki Jeremy Burgess sebagai chief engineer, bekerja dengan Rossi sebagai mentor pribadi pada tahun pertama di Honda. Ini juga akan menjadi pertama kalinya Rossi akan berpacu melawan Max Biaggi, Italia lain .
  Rossi memenangkan 500cc nya pertama Kejuaraan Dunia pada tahun 2001 (memenangkan 11 balapan) di tahun terakhir kelas itu. Pada tahun berikutnya, dua-stroke 500cc masih diperbolehkan, tapi 2002 melihat awal dari kelas empat-tak 990cc Moto GP, setelah itu mesin 500cc pada dasarnya usang.

Rossi mengendarai sepeda motor Honda RC211V MotoGP
Tahun perdana untuk sepeda MotoGP adalah 2002, ketika pengendara mengalami masalah tumbuh gigi mulai terbiasa dengan sepeda baru. Rossi memenangkan perlombaan pertama dan kemudian memenangkan delapan dari sembilan balapan pertama musim ini, akhirnya mengklaim 11 kemenangan secara total.
Itu sama pada tahun 2003 untuk saingan Rossi ketika ia mengklaim sembilan posisi tiang serta sembilan menang GP untuk mengklaim ketiga Kejuaraan Dunia berturut-turut. GP Australia di Phillip Island pada tahun 2003 dianggap oleh banyak pengamat menjadi salah satu momen terbesar
karir Rossi  karena keadaan yang unik. Setelah diberi hukuman 10 detik untuk menyalip saat bendera kuning karena kecelakaan dengan pembalap Ducati Troy Bayliss, Rossi runner depan mulai menarik diri dari sisa lapangan, akhirnya menyelesaikan lebih dari 15 detik ke depan, lebih dari cukup untuk membatalkan hukuman dan memenangkan perlombaan.   Ada banyak spekulasi selama paruh kedua musim 2003 tentang rencana Rossi untuk masa depan . Beberapa orang menduga bahwa ia akan berhasil dalam upayanya untuk mengklaim gelar berturut-turut ketiga dan bertanya-tanya di mana ia akan pergi di masa depan. kontrak-Nya dengan Honda naik pada akhir tahun dan ada rumor bahwa Rossi telah menjadi agak kecewa dengan menumpang di Honda. masa-Nya di Honda telah efektif ajalnya, ia telah memberikan Honda dengan 500 cc Kejuaraan Dunia serta berturut-turut Kejuaraan Dunia MotoGP.
Bermitra dengan skeptis meningkat bahwa alasan keberhasilannya adalah dominasi RC211V daripada Rossi, hal itu tak terelakkan bahwa bagian Honda dan Rossi. Pertengahan musim rumor menunjuk ke arah kemungkinan pindah ke Ducati, yang dikirim pers Italia menjadi panik, konsep besar Italia pada sepeda Italia besar sepertinya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan. Ducati memang mencoba merayu Rossi ke mereka naik motor MotoGP,  Desmosedici, tapi untuk berbagai alasan Rossi melewati penawaran . Kritik mengatakan bahwa dibandingkan dengan produsen lain, Ducati telah secara signifikan untuk pergi sebelum kompetitif bahkan dengan Rossi di helm. Hal ini terbukti kebenaran dengan kinerja tak bersemangat Ducati di musim 2004, yang sebenarnya lebih buruk dibandingkan tahun perdana mereka di MotoGP pada tahun 2003.
Pada tahun 2005 otobiografinya,, "Apa Jika aku pernah Mencoba Ini?" Rossi menawarkan alasan lain untuk memilih Yamaha atas Ducati, mengatakan bahwa pola pikir di Ducati Corse agak terlalu mirip dengan yang ia mencoba melarikan diri dari pada Honda .
Pada akhirnya, Rossi menandatangani kontrak dua tahun dengan saingan Yamaha dilaporkan senilai lebih dari (AS) $ 12.000.000, dengan harga yang tidak ada produsen lain, bahkan Honda, bersedia membayar.
Rossi di TT Belanda tahun 2007.
 
Banyak yang percaya Rossi tidak akan menang kejuaraan, Yamaha kurang kompetitif, tapi Rossi membuktikan mereka salah. Setelah diambil chief engineer Jeremy Burgess dengan dia, Valentino adalah untuk menantikan banyak hal positif.
Dengan lomba pertama tradisional musim di Suzuka dari daftar karena pertimbangan keamanan setelah kecelakaan fatal Daijiro Kato, musim 2004 dimulai di Welkom di Afrika Selatan. Rossi memenangkan lomba, menjadi satu-satunya pembalap untuk memenangkan perlombaan berturut-turut dengan produsen yang berbeda, setelah memenangkan lomba akhir musim sebelumnya pada Honda. Rossi akan pergi untuk memenangkan delapan seri lebih di musim ini, terutama berjuang melawan Sete Gibernau, Rossi berakhir musim dengan 304 poin Gibernau's 257, dengan Max Biaggi 3 dengan 217 poin.
Pada tahun 2005 musim balap Grand Prix motor, Rossi juara Dunia
ke-5 MotoGP . Ia selesai dengan total 367 poin, 147 poin di atas 2 tempat finisher Marco Melandri (220 poin), dan Nicky Hayden finishing 3 dengan 206 poin.
MotoGP musim 2006 dimulai
Rossi dengan  sekali lagi, menjadi favorit untuk mengambil Championship, tapi ia mengalami kesulitan pada paruh pertama musim. Hayden memegang poin memimpin hampir sepanjang musim, tetapi Rossi perlahan-lahan yang bekerja dalam perjalanan menaiki tangga poin. Tidak sampai Motegi ketika Rossi akhirnya meraih 2  poin di belakang Hayden. Dalam Grand Prix Portugal, lomba kedua terakhir musim ini, Hayden diambil oleh rekan setimnya, Dani Pedrosa, dan tidak menyelesaikan perlombaan. Hal ini menyebabkan Rossi mengambil poin memimpin dengan hanya satu lomba tersisa di musim ini. Namun, Rossi jatuh awal di Valencia, perlombaan terakhir, dan Hayden kemudian memenangkan Kejuaraan MotoGP tahun 2006. Rossi menyelesaikan musim di 2 tempat.
Rossi kembali ke MotoGP untuk musim 2007 naik Yamaha YZR-M1 yang baru 800 cc. Dalam lomba pertama di Qatar  Casey Stoner dengan Ducati Desmosedici juara. Dalam putaran kedua musim Rossi memenangkan perlombaan kedua musim di Spanyol, dan  memenangkan 3 balapan lagi . Stoner mendominasi musim, memenangkan 10 perlombaan untuk mengambil juara pertama, 125 poin dari posisi kedua Dani Pedrosa. Pedrosa menang di perlombaan terakhir di Valencia dikombinasikan dengan pensiun Rossi berarti bahwa ia mengalahkan Rossi ke tempat ketiga oleh sebuah titik tunggal. Terendah kejuaraan ini posisi Rossi sejak musim pertamanya tahun 1996 di 125cc. sepedanya tidak memiliki daya saing, khususnya di atas kecepatan dibandingkan dengan Honda atau Ducati, dan dia mengancam akan meninggalkan Yamaha jika mereka tidak dapat mengirimkan paket yang lebih baik.
Untuk tahun 2008 Rossi ganti ban Bridgestone. musim mulai perlahan-lahan dengan selesai tempat kelima di Qatar, namun ia mengambil kemenangan pertama di Shanghai, dan juga memenangkan dua balapan berikutnya. Dari lomba itu, Rossi berada di podium setiap lomba yang tersisa (kecuali putaran Belanda di Assen, di mana ia jatuh pada putaran pertama dan selesai 11), memenangkan total sembilan balapan musim. kemenangan di Laguna Seca Nya (setelah mewariskan pojok "Corkscrew" atas Stoner yang jatuh tetapi terus dan mengambil tempat kedua, dan pada ras-hujan singkat di Indianapolis, berarti bahwa Rossi telah memenangkan di setiap sirkuit saat ini dalam kalender. menang Nya di Motegi merupakan kemenangan pertama di sana pada sepeda MotoGP. Kemenangan di Motegi Rossi memenangkan gelar pertamanya 800cc MotoGP, keenam dalam kategori utama, dan kedelapan secara keseluruhan.
Pada tanggal 8 Juni 2009, Valentino Rossi mengendarai Yamaha sekitar Isle of Man TT terkenal Kursus di pangkuan pameran sepeda motor bersama rekan-sisi legenda Italia Giacomo Agostini, dalam apa yang disebut 'The Lap para Dewa'.Rossi merayakan kemenangan ke-100 dalam karir pada 2009 Belanda TT di Assen.
Musim 2009 melihat Rossi memenangkan 6 balapan untuk memenangkan gelar juara 9 nya, mengalahkan tim-mate Jorge Lorenzo ke posisi kedua dengan 45 poin. 6 menang adalah jumlah terendah menang Rossi  di musim kejuaraan;  di kelas 250 cc dan 2003, 2004 dan 2008 di MotoGP.
Kemenangan-Nya pada 2009 Belanda TT di Assen adalah kemenangan ke-100 Rossi, hanya menjadi pembalap kedua dalam sejarah grand prix motor mencapai 100 menang.
Musim 2010 dimulai Rossi
dengan topping hampir semua sesi pengujian pra-musim dan mengambil kemenangan dalam lomba pertama musim di Qatar, setelah pemimpin awal Casey Stoner mengalami kecelakaan. Rossi cedera bahu dan punggungnya saat pelatihan di sepeda motorcross setelah Grand Prix Jepang ditunda sampai Oktober karena gangguan ke udara perjalanan setelah letusan kedua gunung berapi Eyjafjallajƶkull di Islandia. Berikut Rossi mengeluh tentang nyeri bahu. cedera itu tidak dianggap serius pada awalnya dan diharapkan untuk menyembuhkan dalam beberapa minggu, tapi tidak berubah seperti yang diharapkan dan ligamen sobek di bahu gagal cukup menyembuhkan.
Pada tanggal 5 Juni 2010 balapan di Mugello, Rossi jatuh di sesi latihan bebas kedua, di sudut Biondetti, sekitar 120 mph (190 km / jam). Rossi mengalami patah tulang tibia senyawa pengungsi kanannya, dan setelah dekat perawatan pasca-operasi ke rumahnya di rumah sakit di Cattolica, itu didiagnosis bahwa ia mungkin keluar untuk sebagian besar musim. pertama kalinya Rossi melewatkan perlombaan dalam karirnya di Grand Prix. Rossi  kembali pada Grand Prix Jerman, dua putaran awal dari yang diperkirakan dan hanya 41 hari setelah kecelakaan itu. Dia berhasil mengakhiri balapan di tempat keempat setelah pertempuran dengan Casey Stoner untuk ketiga.
Pada tanggal 15 Agustus 2010, setelah balapan Brno, Rossi menegaskan ia akan naik untuk Ducati Corse, menandatangani kontrak dua tahun mulai tahun 2011. Dia menguji Desmosedici untuk pertama kalinya di Valencia, pada tanggal 9 November 2010.

Dalam otobiografinya "Apa Jika saya Apakah Pernah Mencoba Hal", Rossi membuat sejumlah klaim tentang alasan persaingan dengan Biaggi, dan beberapa insiden yang menyebabkan eskalasi nya. persaingan ini juga ditampilkan dalam film, dokumenter 2003 Faster.
saingan terdekat Rossi di musim 2003 dan 2004 adalah Sete Gibernau, naik dengan Tim Gresini tim Honda Movistar pada RC211V satelit pada tahun 2004 dan kemudian pada semua kecuali di pabrik nama RC211V, yang Gibernau membantu mengembangkan, pada tahun 2005. Pada awalnya mereka cukup ramah di paddock dan off - Gibernau berpesta pada acara-acara dengan Rossi di vila Ibiza di Italia - tetapi souring dalam hubungan mereka dimulai pada musim 2004 dan memuncak dalam "Qatar Insiden" yang musim yang sama ketika tim Rossi adalah dihukum untuk "membersihkan" posisi grid untuk membantu traksi, bersama dengan Honda Pons 'Max Biaggi, dan kedua pengendara itu kemudian dipaksa untuk mulai dari belakang grid. Sejumlah tim, termasuk Gibernau Tim Gresini dan tim Repsol Honda resmi pabrik, mengajukan berhasil ke arah perlombaan untuk Rossi untuk dikenakan sanksi. Rossi dan kepala mekanik nya, Jeremy Burgess, bersikeras bahwa mereka melakukan tidak lebih dari apa yang orang lain banyak yang telah dilakukan sebelumnya ketika dihadapkan dengan trek kotor
Sejak saat itu dua tidak diucapkan dan Rossi sepertinya memutuskan untuk menggunakan kejadian tersebut untuk menerapkan tekanan psikologis pada Gibernau. Dia dikatakan telah bersumpah bahwa setelah balapan Qatar, yang Gibernau menang sementara Rossi jatuh keluar setelah naik ke posisi 6, ia akan melakukan segalanya untuk memastikan bahwa Gibernau tidak pernah berdiri pada langkah tertinggi podium lagi. [Rujukan?] Gibernau pensiun dari balap Grand Prix setelah gagal, cedera blighted musim 2006 dengan Ducati dan ia tidak pernah memenangkan perlombaan lain setelah Qatar, yang mendorong beberapa di Spanyol dan Italia motor balap media untuk menjelaskan kenyataan ini dengan cara merujuk pada ["kutukan Qatar." rujukan?] Tapi ia kembali pada akhir tahun 2008, setelah tes pada Ducati 2008 yakin bahwa ia masih bisa bersaing di MotoGP, dan ditandatangani untuk naik Ducati di tahun 2009.
Pada tahun 2007, Casey Stoner muncul sebagai saingan bagi Rossi. Ditambah dengan Ducati, Australia muda memenangkan perlombaan pertama tahun ini, diikuti oleh kemenangan lebih banyak menghasilkan dan mengaku dari judul 2007 World MotoGP Championship. Stoner dan persaingan Rossi menjadi klimaks yang dramatis di Laguna Seca tahun 2008. Setelah perubahan berbagai posisi, Rossi menyalip Stoner di pembuka tutup botol itu. Langkah berani menyebabkan Rossi untuk menjalankan lebar ke kerikil, dan bergabung kembali lagu nya datang dekat menyebabkan tabrakan antara dua pengendara. Sebuah lap kemudian Stoner masuk ke kerikil pada entri yang lambat pada gilirannya 11, namun mengambil sepeda untuk menyelesaikan kedua sementara Rossi mengambil menang. Setelah ini, Casey Stoner membuat komentar 'Saya telah kehilangan menghormati salah satu pembalap terbesar dalam sejarah'. Untuk komentar, Stoner meminta maaf kepada Rossi di perlombaan berikutnya. [25]
Pada tahun 2008, Jorge Lorenzo Rossi bergabung di tim pabrik Yamaha Motor Racing, yang memulai persaingan baru. Setelah beberapa pertempuran besar pada tahun 2008 dan 2009 di mana Lorenzo pergi kaki ke kaki dengan Rossi, 2010 melihat Lorenzo mendominasi sepanjang musim untuk memenangkan kejuaraan dengan mengumpulkan hasil penghitungan titik tertinggi dalam sejarah, mencetak 383 poin. [Sunting] Nicknames
Valentino Rossi telah memiliki banyak julukan selama karir balapnya. julukan pertama menonjol-Nya adalah "Rossifumi." Rossi menjelaskan etimologi ini julukan sebagai referensi dan penghormatan kepada sesama pengendara Norifumi Abe. [Rujukan?]
julukan berikutnya muncul beberapa waktu sekitar hari-harinya balap di Kejuaraan Dunia 250 cc. Nama panggilan "Valentinik" adalah referensi ke superhero Donald Duck Italia, "Paperinik". [rujukan?]
Sejak dominasi di 500 cc dan MotoGP, Rossi telah menggunakan julukan "The Doctor." Ini telah dikaitkan dengan-Nya "dingin dan klinis pembongkaran lawan-lawannya" serta ketenangannya sejuk dan tenang dalam balap dibandingkan dengan hari ingar-bingar di 125 cc dan 250 cc di mana penampilannya ini tidak menentu dan berbahaya, mengakibatkan banyak crash. [ rujukan?] Dua teori berlaku seperti mengapa Rossi menggunakan "The Doctor." Salah satunya adalah bahwa Rossi diadopsi julukan karena telah memperoleh gelar, yang di Italia hak seseorang untuk menggunakan judul "Dokter". Lain, sebagaimana diucapkan oleh Graziano sendiri, "The Doctor karena, saya tidak berpikir ada alasan tertentu, tapi itu indah, dan penting, The Doctor Dan di Italia., The Doctor adalah nama yang Anda berikan kepada seseorang untuk menghormati , ini sangat penting, The "Dokter ... penting [26] Rossi sering lelucon, bagaimanapun, bahwa nama tiba karena di Italia, Rossi adalah nama umum untuk Dokter..
Dia selalu berpacu dengan nomor # 46 di motor grand prix karir nya. Rossi telah menyatakan bahwa inspirasi asli untuk pilihan nomor adalah Jepang "kartu liar" racer Norifumi Abe yang ia lihat di televisi mempercepat pengendara jauh lebih berpengalaman masa lalu dalam perlombaan basah. Dia kemudian menemukan bahwa itu adalah jumlah ayahnya berlari dengan di yang pertama dari 3 menang grand prix karirnya, pada tahun 1979, di Yugoslavia, pada Morbidelli 250C. Biasanya, pemenang Kejuaraan Dunia diberikan stiker # 1 untuk musim berikutnya. Namun, dalam penghormatan kepada Barry Sheene, yang adalah pembalap pertama era modern untuk menyimpan nomor yang sama (# 7), Rossi telah tinggal dengan kini terkenal # 46 sepanjang karirnya, meski ia telah mengenakan # 1 pada bahu dari kulit nya balap.
Teks pada helm mengacu pada nama kelompok teman-temannya: "Suku dari Chihuahua," dan huruf WLF pada kulit nya berdiri untuk "Viva La Figa," Italia untuk "Long Live Pussy." Dia telah melarikan diri sejauh ini sanksi atau ultimatum bahwa ia menghapus huruf karena "W" dalam "WLF" merupakan dua "V" s dalam "Viva". Sama jelas adalah keberhasilan di melarikan diri setiap tindakan disiplin dari FIM atau Dorna karena memiliki surat-surat sehingga berani pada daerah leher depan kulit nya. Dia tradisional juga menggabungkan warna favoritnya (kuning fluorescent) ke desain kulitnya.
Sesama pembalap sepeda motor dan mantan rekan setimnya Colin Edwards, serta beberapa wartawan TV, sering menyebutnya sebagai 'KAMBING' (Terbesar dari semua Time). [27] [Sunting] Post MotoGP rencana
Rossi menguji mobil Formula 1 Ferrari di tahun 2006 pada tanggal 31 Januari, 1 Februari, dan 2 Februari di Valencia. Uji pertama kali melihat Rossi berputar keluar di jalur basah ke dalam perangkap kerikil, berakhir hari itu. Pada hari kedua, ia mencatat waktu tercepat kesembilan dari driver lima belas, sekitar satu detik di belakang Michael Schumacher, yang sendiri ketiga tercepat. Rossi tersusun lebih cepat dari driver berpengalaman Red Bull Racing Mark Webber dan David Coulthard dan Toyota F1 Jarno Trulli. [28] Pada hari terakhir pengujian, Rossi hanya sedikit lebih dari setengah detik di belakang waktu Schumacher terbaik [29] Schumacher memuji. Rossi memiliki bakat besar dan mengatakan ia akan sangat mampu pindah ke Formula Satu dan menjadi kompetitif segera.
Pada tanggal 24 Mei 2006, Rossi mengumumkan bahwa ia akan tinggal di MotoGP sampai ia merasa karyanya pada sepeda motor itu "selesai." Driver Ferrari Schumacher mengatakan bahwa ia merasa "sedih" dengan keputusan Rossi, tapi mendukungnya. Rossi kemudian menandatangani kontrak baru dengan Yamaha untuk musim 2007 dan 2008, maka untuk tahun 2009 dan 2010.
Di luar minatnya di F1, semangat yang kuat Rossi adalah untuk reli. Dalam satu pemuda Rossi pahlawan nya WRC Champion Colin McRae. McRae Rally legenda Rossi diajarkan dasar-dasar mengemudi mobil rally [30] Kedua berkompetisi. Terhadap satu sama lain di Monza tahun 2005, dengan McRae mengendarai Skoda Fabia WRC dan Rossi menang di Subaru Impreza WRC. [31] terjun resmi pertamanya ke demo datang pada tahun 2002 di WRC Reli Inggris, di mana dia terkapar di tahap kedua (tahap non-superspecial pertama).
Pada tanggal 11 Oktober 2006 diumumkan bahwa Rossi akan memasuki tahun itu Reli Selandia Baru, sebuah acara WRC yang menjalankan dari November 17-19. [32] Ia berkompetisi di dalam mobil WRC Subaru finishing keluar 11 dari 39. Pada November 26, 2006 Rossi juga memenangkan Monza Rally tahunan mengendarai mobil Ford Focus WRC. Ia mengalahkan pemenang tahun 2005 rally Rinaldo Capello oleh 24 detik, memenangkan lima dari tujuh tahap dalam perjalanan. Dia juga berhasil melebihi mantan WRC Champion Didier Auriol oleh tujuh detik di kepala-kepala hingga-Master Show akhir. Rossi juga diumumkan pada reli Monza 2006, bahwa ia akan memasuki Rally 2007 dari Inggris, bagaimanapun, ia kemudian memilih keluar. Pada 2007 Monza Rally, Rossi kembali mengambil tempat pertama.
Rossi telah dikaitkan dengan kepindahan ke kedua Formula Satu dan World Rally Championship tahun 2007, setelah diuji untuk Ferrari dan berkompetisi dalam sejumlah acara reli. [33]
Tapi Rossi memutuskan untuk tetap di Moto-GP, "Saya memiliki kontrak dengan Yamaha sampai 2008," kata Rossi. "Ketika itu selesai maka kita akan lihat. Apa yang saya yakin adalah bahwa saya akan naik sampai aku 31 atau 32 paling banyak aku akan mencari rangsangan baru dalam beberapa musim berikutnya, tetapi untuk sekarang saya benar-benar termotivasi.". [34] Rossi menandatangani kontrak dua tahun baru yang menyatakan ia akan di Yamaha sampai 2010 [35] Ia awalnya direncanakan untuk menggunakan WRC2008 Impreza selama partisipasinya di Rally GB pada bulan Desember 2008, [36] tetapi. memutuskan untuk drive Ford Fokus WRC bukannya [37] Ia menyelesaikan reli di tempat 12, 13 menit dan 20,4 detik di belakang pemenang akhirnya Sebastian Loeb.. [38]
Pada bulan Januari 2010, Rossi mengatakan bahwa ketika ia pensiun dari balap sepeda motor, ia berharap untuk pindah ke reli. "Tidak banyak perubahan dalam tubuh manusia antara 22 dan 34 jadi aku masih punya waktu tersisa. Saya akan mempertimbangkan beralih ke mobil, mungkin rally, setelah itu sebelum akhirnya saya memutuskan untuk mengambil mudah ... aku tahu F1 pasti sudah lebih mudah namun pada saat saya menyelesaikan MotoGP, saya akan terlalu tua untuk F1. "[39] Stefano Domenicali, Ferrari Formula Satu Tim pokok, bagaimanapun, menegaskan kembali keinginannya untuk memiliki Ferrari ketiga di grid F1 didorong oleh Rossi, sementara membenarkan bahwa Rossi akan menguji mobil F1 Ferrari yang lebih tua pada tanggal 21 dan 22 Januari 2010. [40]
Pada bulan Maret 2010, menteri Italia Franco Frattini diberikan Rossi Award Winning pertama Italia untuk foto tersebut ia menggambarkan negaranya di tingkat internasional. [41] [Sunting] Helm
Valentino Rossi telah melalui berbagai desain helm sepanjang karirnya, kebanyakan menampilkan motif Matahari & Bulan, menandakan (menurut Rossi) dua sisi kepribadiannya. Para seniman grafis saat ini Rossi helm Aldo Drudi. [42]
2004-2005 Seasons

Round 1-5 2006 Season

Round 7-16 2006 Season [Sunting] Pra-ritual naik Rossi di Grand Prix 2010 Qatar.
Rossi sangat takhayul dan terkenal untuk ritual pra-naik. Pada hari perlombaan, ia akan selalu menyaksikan awal balapan 125cc untuk melihat berapa lama lampu mulai tetap menyala sebelum keluar pada awal balapan. Sebelum naik (baik racing, kualifikasi, atau praktek), ia akan mulai ritual pribadinya dengan menghentikan sekitar 2 meter dari sepedanya, membungkuk dan meraih sepatu botnya. Lalu, ketika tiba di sepedanya, mendekam ia akan terus ke bawah sisi kanan kaki-pasak, dengan kepala tertunduk. Dalam sebuah wawancara, Rossi mengatakan "Ini hanya sejenak untuk fokus dan 'berbicara' untuk sepeda saya, suka berpindah-pindah dari satu tempat ke yang berikutnya."  Ia menyesuaikan fit dari kulit-nya dengan berdiri tegak di atas kaki-pasak , sementara naik turun lubang-jalur sebelum memulai ras atau praktek. Ia juga mengungkapkan dalam sebuah wawancara dengan MotoGP.com bahwa ia selalu menempatkan satu boot pada sebelum sarung tangan yang lain, satu di sebelum yang lain, dan ia selalu mendapatkan pada sepeda dengan cara yang sama. Dia juga mendapat dari sepeda dengan cara yang sama, mengayunkan kaki kanan di atas bagian depan sepeda. [Sunting] Kehidupan pribadi
Setelah meninggalkan rumah keluarga di Tavullia, ia pindah ke Milan, sebelum mengambil residensi di London, Inggris selama periode dengan Honda. Selama waktu ini ia memperoleh vila di Ibiza yang masih memiliki, [44] dan mengikuti kasus pajak kini telah kembali ke tempat tinggal utama untuk hidup dekat dengan keluarganya di Italia.
Menurut Sports Illustrated, Rossi adalah salah satu tokoh olahraga yang tertinggi di dunia, setelah memperoleh sekitar $ 34 juta pada tahun 2007.  Pada tahun 2009 Forbes peringkat Rossi sebagai nomor sembilan di antara atlet di dunia dengan bayaran tertinggi setelah mendapatkan sekitar $ 35 juta pada tahun yang lalu [46]. [Sunting] kasus penghindaran pajak
Pada tahun 2007, otoritas pajak Italia dinyatakan Rossi sedang diselidiki untuk menghindari pajak yang dicurigai. Setelah sebelumnya Rossi tidak berhasil diselidiki untuk penggelapan pajak tahun 2002, pihak berwenang mengumumkan bahwa mereka sedang menyelidiki Rossi untuk pendapatan undeclared dari 112 juta euro ($ 160 juta) antara tahun 2000 sampai 2004. Para pejabat mengatakan, terhadap Perjanjian Pajak Eropa antara negara-negara Eropa, Rossi tinggal di London telah memungkinkan dia untuk memanfaatkan kondisi pajak yang menguntungkan, misalnya hanya menyatakan laba dibuat di Inggris dan menghindari pajak atas merchandising menguntungkan dan kontrak sponsor, berkomentar bahwa Rossi : "tinggal di London tetapi tidak berdomisili di sana." Ia mencatat bahwa pada tahun 2002, formulir pajak Italia Rossi menyatakan pendapatan 500 euro, sementara kontrak sponsor semua dilaporkan ditujukan kepada perusahaan asing, tetapi dengan urusan dikontrol terutama dari Italia  Pada bulan Februari 2008. Rossi mengumumkan bahwa ia telah mencapai kesepakatan dengan otoritas pajak Italia: dia membayar 35 juta Euro untuk menutup kasus pajak. [Sunting] hobi Lainnya
Rossi mencoba untuk menjaga kehidupan pribadinya dari mata publik sebanyak mungkin, meskipun ia tidak membuat rahasia kegandrungan untuk klub sepakbola Italia Inter Milan. Setelah memenangkan gelar kesembilan Dunia pada bulan Oktober 2009, Inter Milan mengucapkan selamat kepada Rossi di website resmi mereka.
anjing peliharaan Rossi adalah seorang bulldog Inggris yang bernama Guido, yang telah dari tahun 2000 hingga 2008.  Sebagai Rossi perjalanan sangat, Guido tinggal bersama ibu Rossi di Tavullia. Guido ditampilkan dalam berbagai potongan pakaian Rossi dan barang dagangan, mengenakan setelan tahanan selama tes pra musim, dan ketika Rossi tertinggal 32 poin di belakang dalam kejuaraan 2006, Guido adalah berpakaian dengan setelan Inuit. Guido meninggal setelah tahun 2008 GP Australia dan membayar upeti kepadanya, Dunia baru yang Juara merancang sebuah stiker khusus yang terdiri dari Guido olahraga sepasang sayap malaikat dan mengambang di awan surgawi Kematian Guido mengumpulkan begitu banyak perhatian yang disebutkan dalam Gazzetta dello Sport. Rossi kini memiliki dua anjing baru (satu laki-laki dan satu perempuan), bernama Cesare dan Cecilia. Selama GP Misano pada tahun 2009, tepat setelah kesalahan Rossi selama Indianapolis, dua anjing mengenakan telinga keledai pada helm Valentino.
Pada akhir Grand Prix Valencia 2010, Valentino Rossi memegang catatan berikut: Gabungan rekaman (semua kelas) Podium selesai 174 Kutub posisi 59 Poin 4259 Consecutive ras mulai 230 (1996 Malaysia GP-2010 Prancis GP) Consecutive tahun dengan kemenangan 15 (1996-2010) Kejuaraan dengan perpindahan mesin yang berbeda 5 (125cc, 250cc, 500cc,, 800cc 990cc) Sebagian besar menang di Mugello (Italia GP) 9 (1997, 1999, 2002-2008) Berturut-turut menang di Mugello (Italia GP) 7 (2002-2008) Menang dengan Aprilia 26 500cc/MotoGP catatan Wins 79 Kedua tempat 37 Podium selesai 138 Podium selesai dalam satu musim 16 (2003, 2005, 2008)Lap tercepat dalam satu musim 12 (2003) consecutive podium selesai 23 (2002 Portugis GP-2004 Afrika Selatan GP) Consecutive ras mulai 170 (2000 Afrika Selatan GP-2010 Prancis GP) Kejuaraan judul dengan Yamaha 4 (, 2004-2005 2008-2009) gelar juara Consecutive dengan konstruktor yang berbeda [Catatan 2] 2 (2003-2004) Berturut-turut menang dengan konstruktor yang berbeda 2 (2003 valenciĆ  GP-2004 Afrika Selatan GP) Menang dengan Yamaha 46 Menang dalam musim dengan Yamaha 11 (2005) Berturut-turut menang dengan Yamaha 5 (2005 Cina GP-2005 Belanda TT, 2008 Amerika Serikat GP-2008 GP Jepang) Kejuaraan judul dengan sepeda motor yang berbeda 4 (500cc Honda, Honda 990cc, 990cc Yamaha, 800cc Yamaha) Kejuaraan judul dengan perpindahan mesin yang berbeda 3 (, 500cc 800cc, 990cc) Kejuaraan judul dengan konfigurasi mesin yang berbeda [Catatan 3] 2 (dua-stroke engine, mesin empat-stroke) 125cc catatan Menang dalam satu musim 11 (1997)
Catatan 1 Rekam bersama dengan Jorge Lorenzo. Catatan 2 Rekam bersama dengan Eddie Lawson. Catatan 3 Rekam bersama dengan Giacomo Agostini.